Skip to content

Tahap 3: Identifikasi Produk dan Konsumen

October 10, 2011

Identifikasi produk dan konsumen

Untuk makalah ini, penulis akan mencoba menganalisa proses bisnis dari PO KARYA AGUNG. Sebelum menganalisa proses bisnis yang ada, penulis harus terlebih dahulu mengidentifikasi produk dan konsumen yang akan menggunakan.

Produk dari PO KARYA AGUNG dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Sepeda
  2. Onderdil sepeda
  3. Onderdil sepeda motor

Untuk makalah ini penulis mengambil contoh produk Onderdil sepeda motor sebagai langkah awal untuk analisa value chain dan proses bisnis. Onderdil sepeda motor merupakan produk yang paling banyak memberikan kontribusi penjualan dan profit terhadap perusahaan. Onderdil sepeda motor meliputi alat alat spare part sepeda motor, minyak pelumas (lubricants), minyak pelican (grease oil) dan aksesoris sepeda motor.

Konsumen untuk PO KARYA AGUNG dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Toko berskala kecil dan bengkel
  2. Konsumen tingkat akhir (perorangan)

Selain mendistribusikan barang dalam jumlah besar, PO KARYA AGUNG juga bertindak sebagai pengecer. Kebijakan ini diambil untuk meningkatkan penjualan dikarenakan permintaan dari banyak konsumen perorangan. Untuk makalah ini penulis mengambil contoh konsumen toko berskala kecil dan bengkel sebagai konsumen untuk memetakan value chain dan proses bisnis.

Penulis mengambil contoh konsumen yang berupa toko berskala kecil dan bengkel untuk tugas pemetaan proses bisnis ini (selanjutnya akan dinamakan konsumen).

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: